Implementasi SPMI sangat bermanfaat karena luaran penerapan SPMI oleh perguruan tinggi digunakan oleh BAN-PT atau LAMPT-Kes untuk penetapan status dan peringkat terakreditasi perguruan tinggi atau program studi. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 April hingga 28 Mei 2021 ini dihadiri oleh lebih dari 150 peserta, yang terdiri dari Dekan, UPM (Unit Penjaminan Mutu tingkat Fakultas), GKM (Gugus Kendali Mutu Program Studi) dan Ketua Program Studi yang berasal dari masing-masing Fakultas dan prodi.

Acara yang dimotori oleh Lembaga Penjaminan Mutu ini dikemas secara combine yaitu daring dan luring dengan menghadirkan Rektor dan Wakil Rektor serta lembaga/biro/unit lingkup Universitas Megarezky. Workshop resmi dibuka oleh Pimpinan Universitas Megarezky ibu Dr. Ns. Julia Fitrianingsih, M.Kes., M.Kep selaku Wakil Rektor I yang sekaligus memaparkan gambaran Sistem Penjaminan mutu dan tupoksi Ketua Prodi, UPM dan GKM. Beberapa materi diberikan dalam workshop yang berlangsung dua hari untuk setiap prodi. Diantaranya, Implementasi dan Kebijakan SPMI yang disampaikan oleh Kepala LPM Suharti Siradjuddin, M.Pd., M.Ed.TESOL, yang juga menjelaskan peran GKM, UPM dan KPS dalam implementasi SPMI. Workshop ini sekaligus merevisi dokumen SPMI dengan menyesuaikan Permendikbud Nomor 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kegiatan workshop ini ini bertujuan untuk mendorong UPM, GKM dan KPS merevisi dokumen SPMI dan memahami sehingga dapat mengimplementasikannya secara efektif.

Workshop ini bertema “Komitmen Mutu Menuju Perguruan Tinggi Akreditasi Unggul” yang menjadi motivasi bagi seluruh perangkat yang ada di Universitas Megarezky.

Workshop ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk berlatih merevisi dan menyusun dokumen SPMI seperti Standar, Manual dan Formulir yang didampingi fasilitator.

Narasumber workshop SPMI program studi merupakan Narasumber rekomendasi dari LLDIKTI IX yaitu bapak Dr. Darwis, M.Kes. Narasumber lainnya adalah Bapak Immawan Wahyudi Asbara, S.P., M.M yang merupakan Kepala Badan Penjaminan mutu Universitas Muhammadiyah Bulukumba.

Dengan adanya Workshop ini, maka diharapkan Revisi Dokumen SPMI program studi dapat tersusun dan seluruh perangkat prodi dapat mengimplementasikannya, sehingga visi misi dapat terealisasikan.

A.R.A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *