Sosialisasi sistem penjaminan mutu internal dilaksanakan setelah dokumen SPMI tersebut di revisi dan disusun. Sistem penjaminan mutu internal adalah sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsi sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Penjaminan mutu pendidikan dilaksanakan secara sistematis antara seluruh pemangku kepentingan di UNIMERZ yang meliputi pimpinan beserta jajarannya, mahasiswa dan stakeholder.

Sosialisasi  ini dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Juni 2021 yang dihadiri oleh Rektor UNIMERZ Prof. Dr. dr. H. AliAspar Mappahya, Sp.PD., Sp.JP(K), WR I Dr. Ns.Julia Fitrianingsih, M.Kes., M.Kep, WR II Drs. Abd.Rahman, S.Pdi., M.Pd., M.Si, WR III Dr. Jalal, M.Pd dan WR IV Dr. Haeruddin Kudding, SKM., M.Kes.  Dekan Fakultas beserta jajarannya, Kepala Lembaga/Biro/Unit, Ketua Program Studi, UPM Fakultas dan GKM Prodi serta Stakeholder. Sosialisasi dokumen SPMI ini dilaksanakan secara daring dan luring.

Sosialisasi Sistem penjaminan mutu internal disampaikan oleh Prof. Dr. H. Abdul Makhsud, DEA selaku Narasumber. Beliau menyatakan Universitas Megarezky adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar yang perkembangannya sangat pesat. Selanjutnya, beliau menyampaikan siklus penjaminan mutu yang dilakukan secara berkelanjutan. Siklus sistem penjaminan mutu internal terdiri  lima langkah yaitu PPEPP, dimana langkah-langkahnya adalah: 1) Penetapan, dokumen standar yang telah disusun harus ditetapkan oleh pejabat yang berkepentingan. 2) Pelaksanaan, dokumen yang telah ditetapkan harus dilaksanakan oleh seluruh organ yang terkait dalam standar tersebut. 3) Evaluasi Pelaksanaan, standar yang telah dilaksanakan akan dievaluasi oleh pejabat/lembaga yang berkewenangan. 4) Pengendalian, standar yang telah dijalankan akan dikendalikan oleh pejabat/lembaga yang berkewenangan. 5) Peningkatan, hal ini laksanakan apabila standar yang ditetapkan telah terlampaui dalam pelaksanaannya.

Selain itu, bapak Prof. Dr. H. Abdul Makhsud, DEA juga menyampaikan bahwa dokumen standar SPMI yang telah disusun harus di implementasikan ke seluruh jajaran terkait, sehingga UNIMERZ dapat UNIMERZ dapat mewujudkan visi misi UNIMERZ maupun visi misi Program Studi.

A.R.A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *